Powered by Blogger.

Printer Tidak Bisa Mencetak

Dua hari saya memperbaiki printer rusak di sebuah lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak di sekitaran Denpasar. Kenapa perbaik printer yang tidak bisa cetak saja membutuhkan waktu dua hari ? sebenarnya kerusakan printer ini termasuk bukan kerusakan berat, karena hanya membutuhkan beberapa klik saja printer sudah bisa diperbaiki. Jangka waktu perbaikan sampai dua hari, karena waktu sedang memperbaiki printer tiba-tiba saja PLN memadamkan listrik, akhirnya pekerjaan perbaikan printer ditunda hingga keesokan harinya.


Lalu kerusakan apakah yang sebenarnya terjadi sehingga printer yang dalam kondisi normal (lampu power hidup normal) dan kabel usb terhubung dengan baik antar CPU dengan Printer.
Sesungguhnya printer dalam keadaan baik (tidak rusak) mungkin hanya pengetahuan tentang printer oleh penggunanya masih kurang sehingga tidak dapat mengatasi permasalahan ini.

Persoalan printer tidak bisa mencetak ke kertas ini ternyata setelah saya lakukan penelusuran pada status printer, ternyata status printer dalam keadaan PAUSED. Oleh karena status printer Paused, maka dari itu semua perintah pencetakan masuk ke dalam antrian pencetakan saja dan tidak dapat dicetak, kecuali secara manual harus mengubah status Paused tadi menjadi Ready. Setelah saya ubah status Paused menjadi Ready, barulah printer dalam digunakan kembali dengan normal.

Mungkin pembaca artikel ini ada yang belum tahu mengubah status printer dari Ready menjadi Paused atau dari Paused menjadi Ready. Berikut adalah cara untuk mengubah status printer menjadi ready atau sebaliknya, sehingga apabila dikemudian hari anda mengalami masalah seperti ini, tidak perlu memanggil seorang teknisi, anda bisa mengatasi sendiri dengan melakukan pengecekan status printer berikut.




1. Klik Start - Printer and Fax
2. Perhatikan Status Printer pada bagian bawah nama Printer (Ready atau Paused).
3. Klik menu Printer dan hilangkan tanda centang pada Paused untuk mengubah status printer menjadi Ready.
4. Klik menu Printer dan berikan tanda centang pada Pause Printing untuk mengubah status printer menjadi Paused.

Demikian cara mengubah status printer Canon iP 1980, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pengunjung blog Belajar Ilmu Komputer.

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer