Powered by Blogger.

Mengapa Komputer Mati Sendiri

Mengapa komputer mati sendiri? caritahu penyebabnya agar bisa mengambil tindakan perbaikan dengan tepat. Komputer mati sendiri maupu laptop atau netbook mati sendiri penyebabnya adalah hampir sama. Semua perangkat komputer kalau tidak digunakan sesuai dengan prosedur maka kemungkinan komputer mati sendiri bisa saja terjadi kapan saja.

Apa Penyebab Komputer Mati Sendiri

Penyebab komputer mati sendiri ini harus diketahui agar komputer maupun laptop yang digunakan tidak menjadi rusak fatal bahkan tidak bis adigunakan lagi. Kerusakan yang terjadi seperti komputer mati sendiri diakibatkan oleh pemakain komputer, laptop yang berlebihan serta akibat dari debu yang melekat pada komponen pendingin komputer.

Untuk kerusakan komputer mati sendiri tiba-tiba, anda harus mencaritahu dimana letak kesalahan sehingga komputer anda mati sendiri. Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk mengatasi komputer mati sendiri.

  1. Cek kabel power yang terhubung ke listrik, biasanya kabel power bisa saja longgar sehingga tidak mampu mengirimkan daya listrik ke bagian power supplu komputer. Kecangkan kabelnya, bila kabelnya sedikit longgar sebaiknya ganti kabel power yang benar-benar pas dengan konektor pada power supply (komputer desktop). Untuk komputer jenis laptop, tidak perlu cek kabel ke listri karena laptop menggunakan battery, kecuali anda tidak menggunakan battery atau battery laptop sudah tidak menyimpan arus.
  2. Buka casing CPU dan raba pada bagian pelat pendingin prosesor dan chipset, apakah terasa panas berlebih? bila ya maka istirahatkan komputer anda sejenak, setelah dingin barulah bersihkan kipas dan pelat pendingin dari debu yang menempel.
  3. Cek tegangan listrik, apakah tegangan listrik saat komputer mati adalah normal atau sedang tidak stabil, kalau tidak stabil sebaiknya jangan menggunakan komputer dulu. Kalaupun digunakan harus menggunakan stavolt sebagai pelinding komputer.
  4. Bersihkan komponen lain yang melekat pada motherboard dari debu kemudian pasang kembali komponen tersebut pada tempatnya masing-masing.
  5. Lakukan pembersihan secara rutin pada bagian pendingin komputer.

Dengan mengetahui apa penyebab komputer mati sendiri di atas diharapkan anda dapat memperbaiki sendiri komputer anda yang mati sendiri tanpa harus mendatangkan teknisi. Bagi anda yang kesulitan melakukan pembersihan bagian pendingin pada laptop di wilayah Denpasar, silahkan hubungi kami di 085792559769. Semoga artikel ini bermanfaat.

5 comments:

house of nikiyudha said...

Kalo selain ke tiga kriteria diatas kira2 knpa ya.... komputer mati tiba2 pas lg online gan..... ada solusinya ..??? thanx

lesprivat said...

Komputer tiba-tiba mati ,setelah dinyalakan lagi bunyi ...ngeheng .Apa penyebabnya ?

Belajar Ilmu Komputer said...

@Lesprivate, silahkan baca artikel Cara Memperbaiki Komputer Rusak

Ridwan Muhammad said...

Cpu saya suka restart sendiri tapi pas nyala lagi windows selalu mitnta recovery seperti bukan di restart, itu kenapa ya?..

Belajar Ilmu Komputer said...

Coba diinstall ulang sj windowsnya bro

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer