Cara Copy File Ke CD

Cara copy file ke CD (compact Disk) biasa disebut dengan file burning (bakar file), jangan dibakar di atas bara atau nyala api ya nanti malah bukannya memperbanyak file tapi justru menghanguskan CD beserta isinya hehehe. Istilah untuk menyimpan file di CD biasanya disebut dengan burn file. bakar file (Burn file) dimaksud untuk membackup file dalam sebuah kepingan CD, menyimpan file di CD, Mengcopy file ke CD, Memindahkan File ke CD. File-file yang dapat disimpan di CD sama saja dengan file-file yang disimpan di harddisk maupun flash disk atau media penyimpanan lainnya, seperti file aplikasi, file gambar, file lagu mp3, file video dan berbagai format file lainnya dapat disimpan di dalam sebuah CD.


Bagaimana Cara Menyimpan File Di Dalam CD

Untuk menyimpan file, mengcopy file, membackup file ke CD, silahkan ikuti caranya berikut ini, dan tulisan ini juga merupakan jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan oleh salah seorang Liker FB melalui Halaman FB Belajar Ilmu Komputer mengenai cara mengcopy windows xp ke cd. Dalam penjelasan saya ini, copy file ke CD menggunakan 2 metode yaitu yang pertama menggunakan aplikasi Nero dan yang kedua tanpa menggunakan aplikasi Nero. Kedua metode ini sama-sama membutuhkan syarat yang harus dipenuhi yaitu komputer yang digunakan untuk menyimpan file di CD harus memiliki perangkat yang disebut dengan CD/DVD-RW Drive. CD/DVD-RW Drive memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis di piringan CD, berbeda dengan CD-ROM Drive yang mempunyai kemampuan sebatas membaca saja dan tidak dapat menulis di piringan CD.

Cara Menyimpan File di CD Tanpa Nero

Meskipun pada komputer yang digunakan untuk menyimpan file dalam CD tidak terdapat aplikasi Nero Burning, kita masih bisa menyimpan file dalam kepingan CD caranya adalah sebagai berikut.

1. Masukan Blank CD (CD-R/CD-RW baru) ke dalam CD/DVD-RW Drive
2. Copy file-file yang hendak disimpan di CD kemudian dipaste di CD-Drive
3. Klik Kanan pada CD/DVD-RW Drive, kemudian pilih burn file to CD
4. Tunggu hingga proses burning selesai.
5. Selesai

Di atas adalah cara copy file ke CD tanpa menggunakan software Nero Burning, dan berikut ini adalah Cara copy file ke CD menggunakan aplikasi Nero.

Cara Copy File Ke CD Menggunakan Nero
  1. Klik Start-All Programs-Nero-Nero StartSmart
  2. Klik menu Data - Make Data Disc
  3. Klik tab Add
  4. Pilih file yang akan di copy ke CD kemudian klik Add, lakukan ini berulang kali untuk memasukkan file-file yang hendak dicopy ke CD.
  5. Bila sudah selesai memilih file, langkah selanjutnya adalah klik Finished
  6. Klik Next
  7. Klik Burn dan tunggu hingga proses burn file ke CD selesai.
  8. Selesai
Sebagai tambahan, untuk memasukkan file selalu perhatikan maksimum kapasitas sebuah CD dengan melihat indikator pada bagian bawah file-file yang dipilih, usahakan jangan sampai bar indikator menunjukkan warna merah, karena warna merah berarti kapasitas file yang dipilih sudah melebihi batas maksimum daya tampung sebuah CD/DVD.

Demikian tips mengcopy file ke CD dari blog BIK Pemula, Semoga artikel ini bisa membantu dalam melakukan copy file dari harddisk ke CD atau dari flash disk ke CD maupun dari media penyimpan data lainnya ke CD. Mau lebih jelas tips burn file ke cd, silahkan baca artikel Tips Burn File ke CD.

8 comments:

RIRIK said...

saya memilih ngeburn tanpa nero, tetapi pada saat saya mau ngepaste di cd drive, katanya tidak ada cd di cd drive, mohon bantuannya

Belajar Ilmu Komputer said...

Bisa jd kondisi CD yg dimasukan sdh tidak berfungsi untuk merekam, atau bs saja optik CD kotor

Unknown said...

terima kasih ... atas cara cara yang sudah anda berikan ...

Wahyu tri wibowo said...

maksih atas info ya gan

Unknown said...

gimana cara nambahin/ngeburning lagi file kedalam kaset yg sudah ada filenya..?

Belajar Ilmu Komputer said...

@muhammad, proses tambah file sama sj dengan melakukan burning pertama kali, hanya burning pertama kali harus dichecklist multisession-nya

Unknown said...

gan, saya membakar cd lagu MP3 dari folder di aptop tanpa nero. jenis cdnya DVD+R kapasitas 4,7 GB
selesai burning saya coba stel di dvd player hasilnya UNKNOWN DISC
apa yg salah ya? atau tidak semua jenis cd bisa untuk diburning?
sebab ketika saya coba burning dg Microsoft DVD maker, disitu ada warning untuk memasukkan cd yg bisa untuk diburning
trims

Unknown said...

thank informasinya gan,bermanfaat bangeut eung............

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer