Powered by Blogger.

Tips Memilih Tinta Printer DeskJet

Banyak pengguna printer belum tahu kalau cartridge tinta printer yang digunakannya tersebut, hanya sekali pakai. Dalam artian setelah tinta yang berada di dalam cartridge tersebut habis, harus membeli kembali cartridge yang baru dengan tipe yang sama. Namun pada kenyataanya justru menambah tinta dengan cara yang tidak disarankan oleh pihak pembuat printer.


Mungkin dengan tujuan penghematan, namun apabila diperhitungkan dengan baik, justru menyalahi aturan pabrik printer juga dapat menyebabkan kerusakan pad aprinter tersebut, dan pada akhirnya akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk pengadaan printer yang baru. Meski begitu Belajar Ilmu Komputer memberikan sedikit tips untuk memilih tinta yang tepat untuk printer deskjet anda.

Setiap tinta untuk printer yang beredar di pasaran memiliki kualitas yang berbeda-beda, oleh karena itu membutuhkan ketelitian untuk membeli, apakah tinta tersebut aman untuk printer deskjet yang dimiliki atau tidak. Berikut ini adalah sedikit tips yang harus diperhatikan dalam membeli tinta.

Tips Memilih Tinta Printer DeskJet

  1. Pilih merek tinta yang sudah terkenal. Untuk printer yang sudah melakukan modifikasi (modif sebenarnya dilarang produsen printer, dengan modif berarti garansi hangus), sebaiknya menggunakan merek tinta yang direkomendasikan. Apabila ada merek tinta baru, jangan buru-buru percaya tetapi caritahu kebenaran dan pengalaman pengguna lain yang pernah menggunakan tinta tersebut.
  2. Bedakan tinta untuk printer modif dan tinta untuk printer dengan cara menyuntik. Hal ini perna dialami oleh Belajar Ilmu Komputer dalam memperbaiki printer deskjet atau menyuntik tinta printer. Ketika mencoba menyuntik tinta printer menggunakan tinta (kaleng), tinta yang ada di dalam cartridge meluber keluar, sedangkan setelah menyuntik menggunakan tinta yang dibeli dalam suntikan, tinta tidak meluber. Hal ini mungkin saja disebabkan karena kepekatan tintanya berbeda.
  3. Lakukan penelusuran di internet tentang pemilihan tinta yang terbaik sesuai dengan jenis printer yang digunakan. Ingat setiap jenis printer memiliki kriteria tinta yang dibutuhkan untuk masing-masing cardtridgenya, oleh karena itu pilihlah tinta yang tepat untuk printer anda.
Meski hanya ada 3 tips di atas, namun ketiga tips tersebut cukup membantu menyelamatkan printer anda. Namun demikian sangat disarankan untuk selalu mengganti cardtridge yang baru apabila tinta sudah habis dalam cardtridge yang lama, demi menjaga kelangsungan hidup printer lebih lama. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer