Powered by Blogger.

Memperbaiki Handycam HDD Format Error

Apakah anda mengalami masalah handycam kamu tidak bisa merekam, malah muncul pesan HDD Format Error ? itu mungkin saja disebabkan oleh Hard disk drive sebagai media penyimpan data (video) sudah tidak berfungsi lagi, alias tidak dapat menyimpan file video. Hard disk memang sangat sensitif terhadap guncangan dan benturan sehingga mudah sekali rusak apabila tidak dijaga dengan baik pada saat penggunaannya.

Memperbaiki HDD Format Error

Setelah saya mengalami masalah HDD Format Error tersebut, saya mencari tahu solusi untuk mengatasi HDD format error ini di Google, dan ternyata sudah banyak juga yang mengalami masalah seperti yang saya alami. Berdasarkan saran-saran yang saya baca dari berbagai sumber di internet, sangat disarankan untuk melakukan format ulang terhadap HDD tersebut. Berikut adalah cara formatnya.
  1. Masuk ke Menu
  2. Temukan menu HDD/Memori atau Storage
  3. Pilih Format Media
  4. Tekan Yes (Perhatian! semua data yang ada di dalam hard disk tersebut akan terhapus semua)
Setelah melakukan format HDD error tersebut, apabila berhasil maka Hard disk handycam tersebut sudah dapat digunakan untuk menyimpan video artinya sudah kembali normal. Apabila setelah memformat HDD tersebut namun tidak bisa merecord video juga berarti bahwa secara fisik hard disk handycam tersebut sudah rusak, harus diganti dengan HDD yang baru.

Berdasarkan pengalaman saya waktu itu, setelah saya format HDD tersebut tidak bisa kembali normal dan tetap muncul pesan HDD Format Error, akhirnya saya membawa handycam tersebut ke service center Sony. Setiba di service center Sony, saya disarankan untuk mengganti hard disk handycam tersebut seharga Rp. 1.875.000. Kaget dan sangat kaget karena handycam tersebut saya beli seharga 2 juta lebih, akhirnya saya putuskan untuk tidak mengganti hard disk, melainkan saya membeli memori stick sebagai pengganti media storage (penyimpan data). Sayangnya hard disk handycam tidak dijual bebas seperti halnya hard disk komputer maupun laptop.

1 comment:

herlambang said...

bos... handycam juga sama. setelah lama ngangur gara2 kabel flexi lcd nya sobek. pas udah dapet kabel flexi lcd yg baru, giliran sudah ak ganti sendiri, tiba2 pas nyala muncul hdd error. ak juga udah coba format hdd tp ga berhasil.
barangkali bos masih pake handycam itu n bs simpen hasil video di memory, ak kasih caranya dong.... soalnya ak pasang memory, tp cuma bs buat foto n ga bs buat rekam video

thx
herlambang (izoelcell@gmail.com)

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer