Perintah DOS Copy file

Banyak cara untuk memperbanyak, menggandakan atau membackup file-file. Pada saat ini sudah banyak utility yang bisa digunakan untuk meng-copy file, namun tidak salah bila kita juga harus mengetahui perintah-perintah DOS (Disk Operating System), seperti menggandakan file atau sering disebut meng-copy file.

Ada beberapa perintah di DOS Prompt yang sering digunakan antara lain : COPY, DIR (derectory), DEL (delete), MD (make directory), RD (remove directory), LABEL, FORMAT.
Pada postingan ini hanya perintah untuk meng-copy saja sedangkan untuk perintah yang lainnya akan menyusul.

Sebelum menjalankan perintah copy ada baiknya kita mengenal dulu yang namanya prompt drive dimana, prompt drive ini merupakan tempat untuk diketikan perintah dar user untuk komputer termasuk perintah meng-copy file.
Yang dimaksud dengan prompt drive yaitu tanda C:\>

C: pada tanda di atas menyatakan drive yang sedang aktif yaitu drive C, sedangkan tanda \> menyatakan root directory. Apabila tidak sedang dalam root directory maka akan ditambahkan nama sebuah folder di anatar tanda \ (back slash) dan tanda > (lebih besar). Misalkan saja kita berada dalam folder data maka prompt drive akan terlihat seperti : C:\DATA>

Mari kita mulai dengan perintah COPY
Semua perintah DOS tidak berpengaruh terhadap penggunaan huruf besar dan kecil (no case sensitif).
Format perintah COPY adalah : COPY drive_source:nama_file drive tujuan

Contoh : C:\>copy C:command.com d:
artinya menggandakan file COMMAND.COM yang berada di drive C:\> ke drive D:\> sehingga file COMMAND.COM berada di drive C:\> juga berada di drive D:\> (dua buah file yang sama)

Perintah DOS selain menuliskan nama file langsung, bisa juga menggunakan karakter khusus pengganti yaitu tanda * (bintang) dan tanda ? (tanya).

Cara penggunaan tanda * dan tanda ? dapat dilihat dalam beberapa contoh berikut :

copy c:*.COM D:
artinya meng-copy file-file yang ada di drive C dengan nama file bebas tetapi harus berekstensikan COM ke drive D

copy D:COM?????.* c:
artinya meng-copy file-file yang tiga huruf depannya COM dan nama file selanjutnya (yang diwakili tanda tanya) bebas serta ekstensinya (yang diwakili bintang) bebas dari drive D ke drive C

copy D:??m*.?A* c:
artinya meng-copy file-file yang berada di drive D dengan nama file huruf ke tiga adalah huruf m dan ekstensi huruf kedua adalah huruf a dari drive d ke drive c.

selamat mencoba dengan mengembangkan perintah yang ada

2 comments:

Anonymous said...

helloo
aku pande ne, boleh tahu alamat e-mailnya,
blacket_shadow2009@yahoo.com

Hendri said...

semua yang dikirim di kolom komentar akan selalu saya terima di email saya...

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer