Powered by Blogger.

Manfaatkan Wireless untuk koneksi laptop ke laptop

Bagaimana caranya menghubungkan laptop dengan laptop lain, milik teman misalnya, jika kita berada jauh dari tempat kerja atau rumah yang tidak mungkin ada kabel jaringan yang tersedia dan terhubung ke laptop.
Jangan panik dulu apabila anda sangat membutuhkan pertukaran data/informasi antar laptop. Manfaatkan jaringan wireless yang sudah tersedia pada laptop anda dengan melakukan sedikit settingan pada windows agar laptop anda akan segera terhubung secara wireless ke laptop rekan anda.
Untuk melakukan koneksi antar laptop (2 buah laptop)/wireless peer to peer maka ikuti langkah berikut

karena ada 2 (dua) buah laptop dan untuk membedakan kedua laptop maka sebagai contoh saya berikan nama laptop1 dan laptop2

Settingan untuk laptop 1 :

Double klik/klik dua kali pada icon Wireless Network Connection yang berada di sebelah kanan bawah layar monitor sehingga muncul jendela Wireless Network Connection Setup di situ ada dua tab/menu yaitu General dan Support, secara default sudah berada pada General maka klik Properties untuk masuk ke jendela Wireless Network Connection Properties untuk mensetting IP Addressnya.
Pada tab General klik atau pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik properties untuk masuk ke jendela Internet Protocol (TCP/IP) Properties).

Masukan alamat ip address untuk laptop1 192.168.0.1, subnet mask 255.255.255.0 dan Default Gateway 192.168.0.1

setelah menentukan alamat IP pada laptop1 dan klik OK sehingga kembali ke window/jendela Wireless Network Connection Properties, klik tab Wireless Networks, kemudian klik Advanced dan pilih Computer-to-computer (ad hoc) networks only dan klik Close. Untuk settingan laptop1 sudah selesai dan sekarang lanjut ke settingan untuk laptop2


Settingan untuk laptop 2 :

Double klik/klik dua kali pada icon Wieless Network Connection yang berada di sebelah kanan bawah layar monitor sehingga muncul jendela Wireless Network Connection Setup di situ ada dua menu yaitu General dan Support, secara default sudah berada pada General maka klik Properties untuk masuk ke jendela Wireless Network Connection Properties untuk mensetting IP Addressnya.

Pada tab General klik atau pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik properties untuk masuk ke jendela Internet Protocol (TCP/IP) Properties).

Masukan alamat ip address untuk laptop2 192.168.0.2, subnet mask 255.255.255.0 dan Default Gateway 192.168.0.1

setelah menentukan alamat IP pada laptop1 dan klik OK sehingga kembali ke window/jendela Wireless Network Connection Propertis, klik tab Wireless Networks, kemudian klik Advanced dan pilih Computer-to-computer (ad hoc) networks only dan klik Close. Untuk settingan laptop1 dan laptop2 sudah selesai dan laptop1 dan laptop2 sudah bisa melakukan pertukaran informasi atau file
Selamat mencoba

11 comments:

ricardo said...

apakah cara ini tidak membutuhkan adana perangkat wifi protokol?

Hendrypiran said...

tidak ada tambahan biaya apapun, silahkan di coba

Hendri said...

sama-sama Dewiecool

Anonymous said...

wah terima kasih artikelnya...saya jadi tau+nambah ilmu..:>

Hendri said...

terima kasih juga atas kunjungannya

Anonymous said...

wah kalo hanya dengan melakukan konfigurasi pada ip adressnya kan g mw bro?? mestinya yang diconfigurasi pada pemberian nama SSID-nya juga..
Untuk lebih jelasnya coba pelajari koneksi P2P wirelles dengan ADHOC

Belajar Ilmu Komputer said...

Terima kasih atas komentarnya, tetapi perlu saya sampaikan bahwa, artikel di atas saya posting berdasarkan hasil percobaan saya untuk melakukan koneksi antar 2 buah laptop (Acer dan Axio) dan hasilnya memang sudah terbukti bahwa koneksi kedua laptop tersebut sangat bagus dan postingan di atas tidak menjelaskan hanya pada perubahan IP address tapi juga pada Advaced Setting (Computer to Computer/Adhoc).

muhammad said...

kalau maen game antar dua laptop bis gak pake settingan ini....( stronghold cussader )

Hendri Piran said...

saya sendiri belum coba bermain game antar dua laptop (multiplay games)menggunakan koneksi wifi, namun secara logika bisa saja karena kedua komputer sudah saling berkomunikasi. Tidak ada salahnya untuk mencoba...

wahyuno said...

Kalo sudah terkonek, trus gimana cara untuk kirim-kiriman data atau share...Maklum gaptek and lagi mo belajar... Mmm kalo bisa kirim ke emailku wahyunot@gmail.com
Makacih banyak...

BIK said...

thx Wahyuno atas komentarnya, mengenai cara share file dan folder dapat anda baca Di sini. Mohon maaf karena saya tdk bisa mengirimkannya ke email agar artikel ini juga dapat dibaca pengunjung BIK lainnya.

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer