Powered by Blogger.

Perintah DOS DIR

Perintah DIR adalah perintah DOS yang berfungsi untuk menampilkan file-file dalam sebuah drive atau folder aktif.

Perintah ini sama dengan perintah Copy pada postingan terdahulu yang sama-sama di jalankan dari prompt drive.
Perintah ini juga paling sering digunakan bagi yang sudah terbiasa bergaul dengan Command Prompt, tidak usah melanjutkan untuk membaca, tapi bagi yang belum terbiasa silahkan membaca dengan seksama dan coba praktekan perintah-perintah yang saya berikan disini.

Sebelum melakukan perintah DIR ada beberapa hal yang harus dimengerti seperti drive aktif, folder aktif.
Drive aktif adalah drive yang sedang diakses saat ini, sama juga dengan folder adalah folder yang sedang digunakan atau diakes saat ini.
Bagimana cara mengetahui kalau folder tersebut aktif atau sedang diakses saat ini ? Begini cara penjelasan menurut logika saya, Misalkan anda dari windows klik Start - Run kemudian ketik cmd dan tekan enter bila setelah itu cursor (tanda berbentuk karakater tanda kurang sebagai pemandu yang berkedip-kedip) berada pada C:\Document and Settings\user> maka drive yang aktif saat ini adalah drive C dan folder yang aktif adalah folder \Documents and Settings\ dan sub folder aktif adalah \user>.

Jadi bila anda memberikan perintah DIR (perintah boleh dengan huruf kecil semua), pada saat itu maka semua file dan directory yang di tampilkan adalah file dan folder yang berada di dalam sub folder \User>.

Berbagai bentuk perintah DIR, coba lakukan perintah (berwarna kuning) sebagai bahan percobaan dan sebagai awal latihan coba masuk ke directory windows kemudian jalankan perintah di bawah ini, caranya ketik perintah : cd\windows dan tekan Enter.

DIR Enter, perintah untuk menampilkan semua file dan semua ekstensi

DIR *.* Enter, perintah untuk menampilkan semua file dan semua ekstensi

DIR ?o*.* Enter, perintah untuk menampilkan nama file yang huruf kedua dari kiri adalah huruf O selanjutnya bebas dan ekstensinya bebas

DIR ??m*.* enter, perintah untuk menampilkan file-file yang huruf ketiga dari kiri adalah huruf m dan ekstensinya bebas

DIR *.c* Enter, perintah untuk menampilkan file-file yang nama filenya bebas dan ekstensi huruf pertamanya adalah huruf C

DIR ?o*.c* Enter, perintah untuk menampilkan nama file yang huruf keduanya dari nama file adalah huruf O dan huruf pertama dari ekstensi adalah huruf c

DIR ?????.* Enter, perintah untuk menampilkan nama file yang hanya memiliki 5 (lima tanda tanya) huruf atau lebih kecil saja, dan ekstensinya bebas

DIR *.?? Enter, perintah untuk menampilkan file-file dengan nama file bebas sedangkan ekstensinya hanya 2 (dua) huruf saja.

Mungkin itu sebagian perintah DIR yang dapat saya berikan, untuk selanjutnya anda bisa memcoba dengan variasi wildcard (caracter khusus * dan ?) pada perintah DIR sesuai dengan kebutuhan anda.


Selamat mencoba praktek dengan perintah DOS

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer