Penjelasan Perintah DOS COPY dalam Jaringan

Mohon maaf apabila pada postingan tentang perintah COPY menggunakan dos prompt kali lalu belum begitu jelas sehingga sengaja saya melengkapi postingan kali ini untuk memperjelas postingan perintah COPY pada kesempatan sebelumnya.
Pada postingan pertama itu sebenarnya adalah menjelaskan perintah copy pada komputer yang berada dalam jaringan dan komunikasi pada jaringan tersebut berjalan dengan baik artinya semua komputer yang ada dalam jaringan bisa saling terkoneksi dan berkomunikasi dengan baik.

Sebagai bahan percobaan untuk melengkapi postingan sebelumnya, kami melakukan percobaan copy file antar 2 (dua) unit komputer dalam jaringan dengan sistem operasi windows xp service pack 2 (sp2) yaitu antara unit komputer dengan nama STMIK2 dan STMIK3. komputer STMIK2 sebagai asal file (source) yang akan di copy, sedangkan komputer STMIK3 kami gunakan sebagai komputer target untuk menempatkan hasil copy file.

Pada komputer STMIK2 dibuatkan sebuah folder dengan nama FOLDER1 pada drive D. selanjutnya folder tersebut diisi dengan file lagu1.wav, lagu2.wav, lagu3.wav, Document1.txt, Document2.txt, Document3.txt dan dos2.gif. Jadi terdapat 7 buah file dalam folder FOLDER1. File-file inilah yang nantinya akan di copy ke komputer STMIK3. Pada komputer STMIK3 juga dibuatkan sebuah folder dengan nama folder LAGU yang nantinya digunakan untuk menampung file hasil copy dari komputer STMIK2.

Yang perlu diingat sebelum melakukan perintah COPY dalam jaringan pada command prompt, perhatikan apakah antara kedua komputer tersebut sudah terkoneksi dengan baik atau belum, bila belum silahkan perbaiki koneksi terlebih dahulu. Selain koneksi antar komputer STMIK2 dan STMIK3 yang tidak kalah pentingnya adalah folder yang menempatkan file-file yang akan dicopy harus di sharing terlebih dahulu dalam hal ini folder FOLDER1 pada komputer STMIK2.

Sekarang mari kita mulai dengan perintah COPY dalam jaringan dan dilakukan dari komputer STMIK3.
Klik Start-Run kemudian ketik cmd dan tekan enter untuk keluar ke command prompt. Dari command prompt ketik d: enter untuk masuk ke drive D kemudian ketik cd lagu untuk masuk ke dalam folder LAGU.

Setelah masuk ke dalam folder LAGU, selanjutnya berikan perintah copy \\stmik2\folder1\*.* dan akhiri dengan menekan tombol enter maka hasilnya adalah seperti terlihat di bawah ini.

Gambar di atas menunjukkan bahwa perintah COPY pada command prompt dapat dilakukan untuk men-copy file-file yang berada dalam jaringan.

Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Powered by Blogger.

Pengikut Belajar Ilmu Komputer