Powered by Blogger.

Proteksi Folder Windows Tanpa Software Khusus

Folder-folder penting dan rahasia agar tidak mudah diakses oleh orang lain sebaiknya diberikan perhatian khusus berupa pemberian proteksi demi keamanan data yang ada di dalam folder tersebut. Apalagi proteksi ini untuk melindungi hak akses seorang anak ke folder khusus orang dewasa.

Cara memproteksi folder pada windows cukup gampang yaitu hanya dengan menggunakan perintah dari prompt drive atau Command Prompt.
Sudah tau Apa itu command prompt ? kalau sudah tau terus alinea berikutnya tapi kalau belum tau apa itu command prompt berikut ini definisinya menurut Blog Belajar Ilmu Komputer yaitu command prompt adalah perintah-perintah yang dapat diberikan kepada komputer melalui prompt drive seperti perintah DIR, COPY, VER, SYS, REN, MD, CD, CLS, FORMAT, FDISK dll.

Berikut ini perintah untuk memproteksi folder pada windows xp. Dan dalam prkatek kali ini saya menggunakan windows xp service pack 2.

Sebelumnya mohon maaf karena artikel ini tidak dilengkapi dengan gambar karena demi meringankan akses blog ini dan berikut cara memproteksi folder agar tidak bisa diakses oleh pengguna komputer lain.

Jalankan Command Prompt dengan cara klik Start - All Programs - Accessories - Command Prompt.

sebagai contoh kita akan memproteksi folder DATA yang ada di drive D, maka perintahnya adalah :

cacls d:\data /p administrators:n

kemudian tekan ENTER

muncul pertanyaan Are You Sure (Y/N)?

ketik Y yang menyatakan Yes kemudian tekan ENTER

dengan menjalankan perintah di atas maka folder DATA yang ada di drive D sudah terproteksi dan tidak bisa diakses lagi.

Untuk memberikan hak akses folder DATA atau membuka proteksi folder DATA harus menjalankan perintah cacls seperti berikut :

cacls d:\data /p administrators:f

dengan perintah di atas maka folder DATA yang tadinya terproteksi akan dapat diakses kembali.

Kelemahan perintah proteksi folder melalui command prompt adalah dapat dengan mudah diakses kembali apabila pengguna komputer tersebut sudah mengetahui perintah proteksi folder ini (cacls).

12 comments:

Belajar Ilmu Komputer said...

thnks infonya sob..bermanfaat banget bagi saya khususnya..keep posting sob..sukses selalu yah happy blogging sob..kalau berkenan kita tukeran link sob yah..kalau mau komment di blogku yah sob..thnks sebelumnya sob

Belajar Ilmu Komputer said...

THnks sob dah mau tukeran link dengan blogku..maaf baru berkunjung sob..link sobat dah saya pasang juga..cek aja yah sob..happpy blogging...

sell word said...

Terima kasih tipsnya tapi bisa juga pake google drive loh.. jelas terproteksi kok pake google account.

Tips Mempercepat Koneksi Internet said...

thnks sob infonya yah..bermanfaat banget nich bagi saya khususnya yang laagi baelajar..hapy blogging yah sob..sukses selalu..salam blogger indonesia..

Snow Leopard transformation pack untuk Windows 7 said...

wah begitu ya mas..aku baru tau..tak coba ah..

opan said...

yupss,.. dapet tambahn ilmu nih,.. thankz,..

INFORMASI KOMPUTER DAN BLOGSPOT said...

Tax banget info nya kang

Anonymous said...

ane udah coba gan tapi ko ngga bisa di buka lagi y? masih tetep di kunci..

Belajar Ilmu Komputer said...

coba di cek kembali semua bentuk perintahnya...krn saya sudah mencoba mengunci dan membuka folder dan semuanya berhasil.

Anonymous said...

ga bisa kebuka lagi bro ::access is denied::

Belajar Ilmu Komputer said...

untuk membuka kembali proteksi, gunakan perintah cacls d:\data /p administrators:f

Anonymous said...

thanks bro...thats worked
manjur, bisa buka dan tutup.
tapi walaupun udah bisa dibuka kembali, gambar gembok nya ko ga ilang ya gan ?

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer