Powered by Blogger.

Ilmu Menghilangkan Dual Boot Windows 7

Ilmu Menghilangkan Dual Boot Windows 7 - Berdasarkan pengalaman Belajar Ilmu Komputer dalam menginstall sistem operasi Windows, kali ini BIK menginstall Windows 7 sebanyak dua kali sehingga timbul dual boot yang mana setiap kali login selalu muncul pertanyaan pemilihan sistem operasi.


Munculnya dual boot pada Windows 7 ini karena pada saat installasi ulang tidak melakukan partisi ulang hard disk sehingga Windows 7 yang lama secara otomatis di pindahkan ke sebuah directory dengan nama windows.old. Olhe karena jenuh dengan setiap kali memulai Windows selalu memilih OS, padahal keduanya sama-sama Windows 7, apabila osnya berbeda seperti Windows 7 dengan Windows 8 atau Windows 7 dengan Windows XP/vista atau bahkan Windows 7 dengen Linux mungkin saya biarkan saja. Akhirnya saya berusaha untuk menghapus salah satu sistem operasi WIndows 7 yang sudah terinstall agar tidak muncul lagi pilihan OS saat boot, dan berikut adalah caranya.

Untuk menghapus/menghilangkan salah satu dari sistem operasi, kita harus ketahui terlebih dahulu sistem operasi yang mana yang menjadi default dengan menggunakan perintah DOS (Disk Operating System), BCDEDIT (Boot Configuration Data Edit).

1. Klik Start - All Programs - Accessories
2. Klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator
3. Ketik BCDEDIT dan tekan Enter, maka akan muncul seperti gambar berikut



4. Perhatikan partisi tempat disimpannya Windows default dan Windows Current dalam gambar di atas, Windows Default saya tandai dengan kotak warna merah sedangkan Windows Current saya tandai dengan kotak warna biru. Windows default berada di partisi (partition) H sedangkan Windows current berada di partisi C. Oleh karena saya akan menghapus dual boot Windows 7 "default", maka ikuti langkah ke 5
5. Ketik command (perintah) BCDEDIT /detele {default}
6. Tekan Enter (lihat gambar di bawah)


7. Akan muncul pesan The operation completed successfully, berarti tindakan anda untuk menghilangkan dual boot pada Windows 7 telah berhasil.

Selanjutnya silahkan anda buktikan bahwa saat booting Windows tidak lagi menampilkan dual boot melainkan langsung masuk ke desktop Windows. Semoga cara menghilangkan/menghapus dual boot sistem operasi Windows 7 ini menambah ilmu pengetahuan komputer kita semua

2 comments:

Mediatech said...

Salam kenal mas..Terus terang saya sih belum pernah mengalami masalah munculnya dialog box dual boot option karena selama ini hanya menggunakan satu OS saja: Windows 7.
Anyway, tulisan ini saya kira sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang penggunaan OS

Doel Btawi said...

keren banget

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer