Penggunaan Fungsi (Rumus) IF AND
Rumus MIcrosoft Office Excel IF AND biasanya digunakan untuk mencari nilai tertentu berdasarkan dua buah ketentuan ata dua buah persyaratan.
Jika kedua persyaratan itu terpenuhi maka diberikan nilai tertentu sedangkan salah satu saja persyaratan atau tidak ada persyaratan yang terpenuhi maka tidak mendapatkan nilai tertentu.
Format rumus/fungsi IF AND adalah sebagai berikut
=IF(AND(Persyaratan1,Persyaratan2),Nilai1,=IF(AND(persyaratan1,persyaratan2),nilai2,nilai3))
Sebagai bahan percobaan kita coba buatkan tabel dengan format sebagai berikut
JUDUL TABEL
Sel B3 = NO
Sel C3 = NAMA KARYAWAN
Sel D3 = GOLONGAN
Sel E3 = JABATAN
Sel F3 - GAJI POKOK
Sel G3 = TINJANGAN JABATAN
Sel H3 = GAJI BERSIH
Untuk Kolom Nomor Urut isikan mulai dari 1 sampai 10
Untuk Kolom Nama Karyawan Bebas berikan nama
Untuk Kolom Golongan :
- Nomor 1 = Golongan 3
- Nomor 3 = Golongan 2
- Nomor 5 = Golongan 2
- Selain itu Golongan 1
Untuk Kolom Gaji Pokok, Jika Golongan 3 maka Gaji Pokok 1.000.000, jika Golongan 2 maka gaji pokok 750.000 dan jika golongan 1 maka gaji pokok 500.000 (gunakan rumus IF satu persyaratan)
Untuk kolom Tunjangan Jabatan gunakan rumus IF dua persyaratan yang kita pelajari hari ini.
Untuk Kolom Gaji bersih gunakan rumus penjumlahan biasa yaitu =GajiPokok+TunjanganJabatan
Karena hari ini kita mempelajari rumus IF AND maka mari sama-sama kita buatkan rumus untuk kolom Tunjangan Jabatan.
Dari tabel di atas maka rumus untuk Tunjangan Jabatan akan ditempatkan pada sel G5, tempatkan dulu posisi pointer pada sel B5 kemudian ketikan rumus berikut ini :
=IF(AND(D5=3,E5="Direktur"),500000,IF(AND(D5=2,E5="Kabag"),350000,0))
Penjelasan :
Jika Golongan 3 dan Jabatan Direktur maka Tunjangan Jabatan 500.000
Jika Golongan 2 dan Jabatan Kabag maka 350.000
Jika tidak maka 0
Sekian dan selamat belajar...
No comments:
Post a Comment
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus